Wednesday, December 9, 2009

Korupsi bukan saja berbentuk korupsi uang. Korupsi juga meliputi korupsi waktu dan hal-hal lain yang bukan menjadi hak kita.


Katanya di berita televisi tadi pagi, korupsi juga termasuk pada tindakan pungutan tidak jelas atau pungutan liar, baik yang memungut dan yang dipungut.

Kalau kita terlambat masuk kantor, terlambat masuk kuliah atau sekolah, kita sudah korupsi waktu. Melebihi semenit jam istirahat dan pulang kantor atau bolos kuliah juga termasuk di dalamnya.

Internetan, facebookan, chating, browsing, membaca koran, novel, atau komik selama jam kerja atau selama jam kuliah / sekolah juga masuk dalam ranah korupsi.

Begitu juga menggunakan fasilitas lain yang tidak seharusnya kita gunakan untuk kepentingan pribadi. Seperti penggunaan telepon, printer, kertas, dan lain-lain.

Memanipulasi uang saku orang tua oleh anak, atau uang dapur oleh istri dari suaminya, juga merupakan korupsi. Mungkin banyak lagi.

Jadi, ternyata memang ternyata. Banyak tindakan yang merupakan atau mendekati korupsi. Dari tingkat paling rendah atau paling tinggi sekali pun. Pemandangan sehari-hari di negeri ini. Bahkan hampir di seluruh dunia.

Dan kita, dalam bertindak sehari-hari, apakah termasuk salah satu atau beberapa di dalamnya?

Picture Taken from Anak Muda Indonesia
Jakarta, Desember 2009

1 comments:

  1. Kalo korupsi begitu sih..gw paling korupsi jrot... terutama waktu, paling susah tuh ngatur atau minimal ga korupsi ama waktu...
    mulai dari ga korupsi waktu kali ya?

    ReplyDelete